TUGAS II MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

TUGAS II
MATA KULUIAH : MULTI MEDIA PEMBELAJARAN
DOSEN : ITA FITRIATI, S.KOM, MT

STKIP YAPIS DOMPU.jpg






DISUSUN OLEH:
NAMA               : IRWANSYAH
NIM                   : BI. 10.01.079
JURUSAN         : Bahasa dan sastra Indonesia




SEKOLAH TINGGI KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) YAPIS DOMPU
TAHUN AKADEMIK 2011/2012
Soal:
1. Uraikan beberapa manfaat dari media dalam proses pembelajaran.

2. a. Sebutkan dan jelaskan Klasifikasi media menurut bentuk dan cara
        penyajian informasi,
    b. berikan masing-masing contoh.
    c. Kemukakan masing-masing kelebihan dan kekurangan dari
        masing-masing media tersebut.

3. Sebutkan Contoh media pembelajaran.























1.     Uraikan beberapa manfaat dari media dalam proses pembelajaran.
1.
jawab:
 a. Penyampaian pesan menjadi lebih baku karena setiap pelajar yang melihat atau mendengar penyajian melalui media menerima pesan yang sama.
b.    Pembelajaran bisa lebih menarik karena dapat membuat siswa terjaga dan memperhatikan.
c.    Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan diterapkannya teori belajar dan prinsip-prinsip psikologis yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan balik, dan penguatan.
d.   Lama waktu pembelajaran yang diperlukan dapat dipersingkat karena kebanyakan media hanya memerlukan waktu singkat untuk mengantarkan pesan/ isi pelajaran dalam jumlah yang cukup banyak.
e.    Kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan apabila media pembelajaran dapat mengkomunikasikan pengetahuan dengan cara yang baik, spesifik, dan jelas.
f.     Pembelajaran dapat diberikan kapan dan dimana diperlukan.
g.    Sikap positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari dapat ditingkatkan.
h.    Peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif, beban guru untuk penjelasan yang berulang-ulang mengenai isi pelajaran dapat dikurangi bahkan dihilangkan sehingga guru dapat memusatkan perhatian kepada aspek penting lain dalam proses belajar mengajar.

2.    a. Sebutkan dan jelaskan Klasifikasi media menurut bentuk dan cara
        penyajian informasi,
b. berikan masing-masing contoh.
c. Kemukakan masing-masing kelebihan dan kekurangan dari
        masing-masing media tersebut.
jawab
1.     Kelompok Kesatu. Media Grafik, Meliputi : Media Grafis, Bahan Cetak dan Gambar Diam
Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar. Grafis biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan diingat orang.
Yang termasuk media grafis antara lain :
1.     Grafik, yaitu penyajian data berangka melalui perpaduan antara angka, garis, dan simbol.
2.     Diagram,  yaitu gambaran yang sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbal balik yang biasanya disajikan melalui garis-garis simbol.
3.     Bagan, yaitu perpaduan sajian kata-kata, garis, dan simbol yang merupakan ringkasan suatu proses, perkembangan, atau hubungan-hubungan penting.
4.     Sketsa, yaitu gambar yang sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokok dari suatu bentuk gambar.
5.     Poster, yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
6.     Papan Flanel, yaitu papan yang berlapis kain flanel untuk menyajikan gambar atau kata-kata yang mudah ditempel dan mudah pula dilepas.
7.      Bulletin Board, yaitu papan biasa tanpa dilapisi kain flanel. Gambar-gambar atau tulisan-tulisan biasanya langsung ditempelkan dengan menggunakan lem atau alat penempel lainnya.
Ø  Kelebihan Media Grafis
·         Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
·         Dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
·         Pembuatannya mudah dan harganya murah.
Ø  Kelemahan Media Grafis
·         Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih kompleks.
·         Penyajian pesan hanya berupa unsur visual.
v  MEDIA BAHAN CETAK
Media bahan cetak adalah media visual yang pembuatannya melalui proses pencetakan/printing atau offset. Media bahan cetak ini menyajikannya pesannya melalui huruf dan gambar-gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi yang disajikan. Jenis media bahan cetak ini diantaranya adalah :
Buku Teks, yaitu buku tentang suatu bidang studi atau ilmu tertentu yang disusun untuk memudahkan para guru dan siswa dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Penyusunan buku teks ini disesuaikan dengan urutan (sequence) dan ruang lingkup (scope) GBPP tiap bidang studi tertentu.
Modul,  yaitu suatu paket progaram yang disusun dalam bentuk satuan tertentu dan didesain sedemikian rupa guna kepentingan belajar siswa. Satu paket modul biasanya memiliki komponen petunjuk guru, lembaran kegiatan siswa, lembaran kerja siswa, kunci lembaran kerja, lembaran tes, dan kunci lembaran tes.
Bahan Pengajaran Terprogram, yaitu paket program pengajaran individual, hampir sama dengan modul. Perbedaannya dengan modul, bahan pengajaran terprogram ini disusun dalam topik-topik kecil untuk setiap bingkai/halamannya. Satu bingkai biasanya berisi informasi yang merupakan bahan ajaran, pertanyaan, dan balikan/respons dari pertanyaan bingkai lain.
Ø  Kelebihan Media Bahan Cetak
-          Dapat menyajikan pesan atau informasi dalam jumlah yang banyak.
-          Pesan atau informasi dapat dipelajari oleh siswa sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kecepatan masing-masing.
-          Dapat dipelajari kapan dan dimana saja karena mudah dibawa.
-          Akan lebih menarik apabila dilengkapi dengan gambar dan warna.
-          Perbaikan/revisi mudah dilakukan

Ø  Kelemahan Media Bahan Cetak
-          Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama.
-          Bahan cetak yang tebal mungkin dapat membosankan dan mematikan minat siswa untuk membacanya.
-          Apabila jilid dan kertasnya jelek, bahan cetak akan mudah rusak dan sobek.

v  MEDIA GAMBAR DIAM
Media gambar diam adalah media visual yang berupa gambar yang dihasilkan melalui proses fotografi. Jenis media gambar ini adalah foto.

Ø  Kelebihan Media Gambar Diam
-          Dibandingkan dengan grafis, media foto ini lebih konkret.
-          Dapat menunjukkan perbandingan yang tepat dari objek yang sebenarnya.
-          Pembuatannya mudah dan harganya murah.

Ø  Kelemahan Media Gambar Diam
-          Biasanya ukurannya terbatas sehingga kurang efektif untuk pembelajaran kelompok besar.
-          Perbandingan yang kurang tepat dari suatu objek akan menimbulkan kesalahan persepsi.
2.      Kelompok Kedua. Media Proyeksi Diam, Meliputi : OHP/OHT, Opaque Projector, Slide, dan Filmstrip
Media proyeksi diam adalah media visual yang diproyeksikan atau media yang memproyeksikan pesan, dimana hasil proyeksinya tidak bergerak atau memiliki sedikit unsur gerakan.
Jenis media ini diantaranya : OHP/OHT, Opaque Projector, Slide, dan Filmstrip.
MEDIA OHP DAN OHT
a.       OHT (Overhead Transparency)
adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat proyeksi yang disebut OHP (Overhead Projector). OHT terbuat dari bahan transparan yang biasanya berukuran 8,5 X 11 inci.
Ø  Kelebihan Media OHT/OHP
-          Dapat digunakan untuk menyajikan pesan di semua ukuran ruangan kelas.
-          Menarik, karena memungkinkan penyajian yang variatif dan disertai dengan warna-warna yang   menarik.
-          Tatap muka dengan siswa selalu terjaga dan memungkinkan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
-           Tidak memerlukan operator secara khusus dan tidak pula memerlukan penggelapan ruangan.
-           Dapat menyajikan pesan yang banyak dalam waktu yang relatif singkat.
-          Program OHT dapat digunakan berulang-ulang.
Ø  Kelemahan Media OHT/OHP
-          Memerlukan perencanaan yang matang dalam pembuatan dan penyajiannya.
-          OHT dan OHP merupakan hal yang tak dapat dipisahkan, karena sebuah gambar dalam kertas biasa tidak bisa diproyeksikan melalui OHP.
-          Urutan OHT mudah kacau, karena merupakan urutan yang lepas.

b.      media opaque projektor
Opaque Projector atau proyektor tak tembus pandang adalah media yang digunakan untuk memproyeksikan bahan dan benda-benda yang tidak tembus pandang, seperti buku, foto, dan model-model baik yang dua dimensi maupun yang tiga dimensi. Berbeda dengan OHP, opaque projector ini tak memerlukan transparansi, tapi memerlukan penggelapan ruangan. Opaque projector biasanya dapat pula digunakan untuk memproyeksikan film bingkai/slide akan tetapi tidak dilengkapi dengan tape recorder. Kelebihan dan kelemahan media opaque projector ini hampir mirip dengan kelemahan dan kelebihan media OHP dan media Slide. Oleh karena opaque projector dengan segala karakteristiknya dapat berfungsi sebagai OHP dan Slide Projector.
c.        media slide
Media slide atau film bingkai adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat yang disebut dengan proyektor slide. Slide atau film bingkai terbuat dari film positif yang kemudian diberi bingkai yang terbuat dari karton atau plastik. Film positif yang biasa digunakan untuk film slide adalah film positif yang ukurannya 35 mm dengan ukuran bingkai 2 x 2 inchi. Sebuah program slide biasanya terdiri atas beberapa bingkai yang banyaknya tergantung pada bahan/ materi yang akan disampaikan.
Ø  Kelebihan Media Slide
-          Membantu menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan dan dapat dipadukan dengan unsur suara.
-          Merangsang minat dan perhatian siswa dengan warna dan gambar yang kongkrit.
-          Program slide mudah direvisi sesuai dengan kebutuhan, karena filmnya terpisah-pisah.
-          Penyimpanannya mudah karena ukurannya kecil.
Ø  Kelemahan Media Slide
-          Memerlukan penggelapan ruangan untuk memproyeksikannya.
-          Pembuatannya memerlukan waktu yang cukup lama, jika program yang dibuatnya cukup panjang.
-          Memerlukan biaya yang boleh dikatakan besar.
-          Hanya dapat menyajikan gambar yang diam (geraknya terbatas walaupun dengan menggunakan lebih dari sebuah proyektor.
-           
d.      media filmstrip
Filmstrip atau film rangkai atau film gelang adalah media visual proyeksi diam, yang pada dasarnya hampir sama dengan media slide. Hanya filmstrip ini terdiri atas beberapa film yang merupakan satu kesatuan (merupakan gelang, dimana antara ujung yang satu dengan ujung yang lainnya bersatu). Jumlah frame atau gambar dari suatu filmstrip ada yang berjumlah 50 buah dan ada pula yang berjumlah 75 buah dengan panjang 100 sampai dengan 130 cm. Kelebihan filmstrip dibanding film slide adalah media filmstrip mudah penggandaannya karena tidak memerlukan bingkai, juga frame-frame filmstrip tidak akan tertukar karena merupakan satu kesatuan. Akan tetapi pengeditan dan perbaikan/ revisi filmstrip relatif agak sukar, karena harus dilakukan di laboratorium khusus

3.     Kelompok Ketiga. Media Audio, Meliputi : Media Radio, Media Alat Perekam Pita Magnetik
Media audio adalah media yang penyampaian pesannya hanya dapat diterima oleh indera pendengaran. Pesan atau informasi yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambang-lambang auditif yang berupa kata-kata, musik, dan sound effect.
Jenis media audio ini diantaranya :

Ø  MEDIA RADIO
Radio adalah media audio uang penyampaian pesannya dilakukan melalui pancaran gelombang elektromagnetik dari suatu pemancar. Pemberi pesan (penyiar) secara langsung dapat mengkomunikasikan pesan atau informasi melalui suatu alat (microfon) yang kemudian diolah dan dipancarkan ke segenap penjuru melalui gelombang elektromagnetik dan Klasifikasi penerima pesan (pendengar) menerima pesan atau informasi tersebut dari pesawat radio di rumah-rumah atau para siswa mendengarkannya di kelas-kelas.
·         Kelebihan Media Radio
-          Memiliki variasi program yang cukup banyak.
-           Sifatnya mobile, karena mudah dipindah-pindah tempat dan gelombangnya.
-          Baik untuk mengembangkan imajinasi siswa.
-          Dapat lebih memusatkan perhatian siswa terhadap kata, kalimat atau musik, sehingga sangat cocok digunakan untuk pengajaran bahasa.
-          Jangkauannya sangat luas, sehingga dapat didengar oleh massa yang banyak.
-           Harganya relatif murah.

·         Kelemahan Media Radio
-          Sifat komunikasinya hanya satu arah (one way communication).
-          Jika siarannya monoton akan lebih cepat membosankan siswa untuk mendengarkannya.
-          Program siarannya selintas, sehingga tidak bisa diulang-ulang dan disesuaikan dengan kemampuan belajar siswa secara individual.

Ø  MEDIA ALAT PEREKAM PITA MAGNETIK
Alat perekam pita magnetik atau kaset tape recorder adalah media yang menyajikan pesannya melalui proses perekaman kaset audio. Tidak seperti radio yang menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai alat pemancarannya.

·         Kelebihan Media Alat Perekam Pita Magnetik
-          Pita rekaman dapat diputar berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan siswa.
-          Rekaman dapat dihapus dan digunakan kembali.
-          Mengembangkan daya imajinasi siswa.
-          Sangat efektif untuk pembelajaran bahasa.
-          Penggandaan programnya sangat mudah.
-          Kelemahan Media Alat Perekam Pita Magnetik
-          Daya jangkauannya terbatas.
-          Biaya penggandaan alatnya relatif lebih mahal dibanding radio.
4.     Kelompok Keempat. Media Audio Visual Diam, Meliputi : media sound slide (slide suara), film strip   bersuara, dan halaman bersuara.
Media audiovisual diam adalah media yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh indera pendengaran dan indera pengelihatan, akan tetapi gambar yang dihasilkannya adalah gambar diam atau sedikit memiliki unsur gerak.
Kelebihan dan kelemahan media ini tidak jauh berbeda dengan media proyeksi diam. Perbedaannya adalah adanya aspek suara pada media audiovisual diam.

5.     Kelompok Kelima : Film (Motion Pictures)
Film disebut juga gambar hidup (motion pictures), yaitu serangkaian gambar diam (still pictures) yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak.
Film disebut juga gambar hidup (motion pictures), yaitu serangkaian gambar diam (still pictures) yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak. Film merupakan media yang menyajikan pesan audiovisual dan gerak. Oleh karenanya, film memberikan kesan yang impresif bagi pemirsanya.
Ada beberapa jenis film, diantaranya film bisu, film bersuara, dan film gelang yang ujungnya saling bersambungan dan proyeksinya tak memerlukan penggelapan ruangan.

Ø  Kelebihan Media Film
-          Memberikan pesan yang dapat diteima secara lebih merata oleh siswa.
-          Sangat bagus untuk menerangkan suatu proses.
-          Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.
-          Lebih realistis, dapat diulang-ulang dan dihentikan sesuai dengan kebutuhan.
-          Memebrikan kesan yang mendalam, yang dapat mempengaruhi sikap siswa.

Ø  Kelebihan Media Film
-          Harga produksinya cukup mahal.
-          pembuatannya memerlukan banyak waktu dan tenaga.
-          Memerlukan operator khusus untuk mengoperasikannya.
6.     Kelompok Keenam. Televisi, Meliputi : Televisi terbuka (open boardcast television), televisi siaran terbatas/TVST (Cole Circuit Televirion/CCTV), dan video-cassette recorder (VCR).
Televisi adalah media yang dapat menempilkan pesan secara audiovisual dan gerak (sama dengan film).  Jenis  media televisi diantaranya: televisi terbuka (open boardcast television), televisi siaran terbatas/TVST (Cole Circuit Televirion/CCTV), dan video-cassette recorder (VCR).
Ø  MEDIA TELEVISI TERBUKA
Media televisi terbuka adalah media audio-visual gerak yang penyampaian pesannya melalui pancaran gelombang elektromagnetik dari satu stasiun, kemudian pesan tadi diterima oleh pemirsa melalui pesawat televisi.

·         Kelebihan Media Televisi Terbuka
-          Informasi/pesan yang disajikannya lebih aktual.
-          Jangkauan penyebarannya sangat luas.
-          Memberikan pesan yang dapat diterima secara lebih merata oleh siswa.
-          Sangat bagus untuk menerangkan suatu proses.
-           Mengatasi keterbatasan ruangdn waktu.
-          Memberikan kesan yang mendalam, yang dapat mempengaruhi sikap siswa.

·         Kelemahan Media Televisi Terbuka
-          Programnya tidak dapat diulang-ulang sesuai kebutuhan.
-           Sifat komunikasinya hanya satu arah.
-          Gambarnya relatif kecil.
-          Kadangkala terjadi distorsi gambar dan warna akibat kerusakan atau gangguan magnetik.

Ø  MEDIA TELEVISI SIARAN TERBATAS (TVST)
TVST atau CCTV adalah media audiovisual gerak yang penyampaian pesannya didistribusikan melalui kabel (bukan TV kabel). Dengan perkataan lain, kamera televisi mengambil suatu objek di studio, misalnya guru yang sedang mengajar,
kemudian hasil pengambilan tadi didistribusikan melalui kabel-kabel ke pesawat televisi yang ada di ruangan-ruangan kelas. Kelebihan televisi siaran terbatas ini dibandingkan dengan televisi terbuka diantaranya adalah komunikasi dapat dilakukan secara dua arah (hubungan antara studio dan kelas dilakukan melalui intercom), kebutuhan siswa dapat lebih diperhatikan dan terkontrol. Sedangkan kelemahannya adalah jangkauannya relatif terbatas.
Ø  MEDIA VIDEO CASSETTE RECORDER (VCR)
Berbeda dengan media film, media VCR perekamannya dilakukan dengan menggunakan kaset video, dan penayangannya melalui pesawat televisi; sedangkan media film, perekaman gambarnya menggunakan film selluloid yang positif dan gambarnya diproyeksikan melalui proyeksi ke layar. Secara umum, kelebihan media VCR sama dengan kelebihan yang dimiliki oleh media televisi terbuka. Selain itu, media VCR ini memiliki kelebihan lainnya yaitu programnya dapat diulang-ulang. Akan tetapi kelemahannya adalah jangkauannya terbatas

7.     Kelompok Ketujuh : Multi Media
Multi media merupakan suatu sistem penyempaian dengan menggunakan berbagai jenis bahan  yang membentuk suatu unit atau paket. Contohnya suatu modul belajar yang terdiri atas bahan cetak, bahan audio, dan bahan audio visual.
·         Kelebihan Multi Media
-          Siswa memiliki pengalaman yang beragam dari segala media.
-           Dapat menghilngkan kebosanan siswa karena media yang digunakan lebih bervariasi.
-          Sangat baik untuk kegiatan belajar mandiri.

·         Kelemahan Multi Media
-          Biayanya cukup mahal.
-          Memerlukan perencanaan yang matang dan tenaga yang professional

3. Sebutkan Contoh media pembelajaran.

 jawab
1.         Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
2.         Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
3.         Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
4.         Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.



 

Comments

Popular posts from this blog

RESENSI BUKU BAHASA INDONESIA