TUGAS II MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
TUGAS II
MATA
KULUIAH : MULTI MEDIA PEMBELAJARAN
DOSEN : ITA FITRIATI, S.KOM, MT
DISUSUN
OLEH:
NAMA : IRWANSYAH
NIM : BI.
10.01.079
JURUSAN : Bahasa dan sastra Indonesia
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN &
ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) YAPIS DOMPU
TAHUN AKADEMIK 2011/2012
Soal:
1. Uraikan beberapa manfaat dari media dalam
proses pembelajaran.
2. a. Sebutkan dan jelaskan Klasifikasi media
menurut bentuk dan cara
penyajian
informasi,
b.
berikan masing-masing contoh.
c.
Kemukakan masing-masing kelebihan dan kekurangan dari
masing-masing
media tersebut.
3. Sebutkan Contoh media pembelajaran.
1. Uraikan beberapa manfaat dari media dalam
proses pembelajaran.
1.
jawab:
a. Penyampaian pesan
menjadi lebih baku karena setiap pelajar yang melihat atau mendengar penyajian
melalui media menerima pesan yang sama.
b. Pembelajaran bisa lebih menarik karena dapat
membuat siswa terjaga dan memperhatikan.
c. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan
diterapkannya teori belajar dan prinsip-prinsip psikologis yang diterima dalam
hal partisipasi siswa, umpan balik, dan penguatan.
d. Lama waktu pembelajaran yang diperlukan dapat
dipersingkat karena kebanyakan media hanya memerlukan waktu singkat untuk
mengantarkan pesan/ isi pelajaran dalam jumlah yang cukup banyak.
e. Kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan apabila
media pembelajaran dapat mengkomunikasikan pengetahuan dengan cara yang baik,
spesifik, dan jelas.
f. Pembelajaran dapat diberikan kapan dan dimana
diperlukan.
g. Sikap positif siswa terhadap apa yang mereka
pelajari dapat ditingkatkan.
h. Peran guru dapat berubah ke arah yang lebih
positif, beban guru untuk penjelasan yang berulang-ulang mengenai isi pelajaran
dapat dikurangi bahkan dihilangkan sehingga guru dapat memusatkan perhatian
kepada aspek penting lain dalam proses belajar mengajar.
2.
a.
Sebutkan dan jelaskan Klasifikasi media menurut bentuk dan cara
penyajian informasi,
b.
berikan masing-masing contoh.
c.
Kemukakan masing-masing kelebihan dan kekurangan dari
masing-masing
media tersebut.
jawab
1. Kelompok Kesatu.
Media Grafik, Meliputi : Media Grafis, Bahan Cetak dan Gambar Diam
Media
grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui
penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar. Grafis biasanya
digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan
fakta-fakta sehingga menarik dan diingat orang.
Yang termasuk media grafis antara lain :
Yang termasuk media grafis antara lain :
1. Grafik, yaitu
penyajian data berangka melalui perpaduan antara angka, garis, dan simbol.
2. Diagram,
yaitu gambaran yang sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan
timbal balik yang biasanya disajikan melalui garis-garis simbol.
3. Bagan,
yaitu perpaduan sajian kata-kata, garis, dan simbol yang merupakan ringkasan
suatu proses, perkembangan, atau hubungan-hubungan penting.
4. Sketsa,
yaitu gambar yang sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian
pokok dari suatu bentuk gambar.
5. Poster,
yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud
untuk menarik perhatian orang yang lewat.
6. Papan
Flanel, yaitu papan yang berlapis kain flanel untuk menyajikan gambar atau
kata-kata yang mudah ditempel dan mudah pula dilepas.
7. Bulletin
Board, yaitu papan biasa tanpa dilapisi kain flanel. Gambar-gambar atau
tulisan-tulisan biasanya langsung ditempelkan dengan menggunakan lem atau alat
penempel lainnya.
Ø Kelebihan
Media Grafis
·
Dapat mempermudah dan mempercepat
pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
·
Dapat dilengkapi dengan warna-warna
sehingga lebih menarik perhatian siswa.
·
Pembuatannya mudah dan harganya murah.
Ø Kelemahan
Media Grafis
·
Membutuhkan keterampilan khusus dalam
pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih kompleks.
·
Penyajian pesan hanya berupa unsur
visual.
v MEDIA
BAHAN CETAK
Media
bahan cetak adalah media visual yang pembuatannya melalui proses
pencetakan/printing atau offset. Media bahan cetak ini menyajikannya pesannya
melalui huruf dan gambar-gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas
pesan atau informasi yang disajikan. Jenis media bahan cetak ini diantaranya
adalah :
Buku
Teks, yaitu buku tentang suatu bidang studi atau ilmu tertentu yang disusun
untuk memudahkan para guru dan siswa dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran.
Penyusunan buku teks ini disesuaikan dengan urutan (sequence) dan ruang lingkup
(scope) GBPP tiap bidang studi tertentu.
Modul,
yaitu suatu paket progaram yang disusun dalam bentuk satuan tertentu dan
didesain sedemikian rupa guna kepentingan belajar siswa. Satu paket modul
biasanya memiliki komponen petunjuk guru, lembaran kegiatan siswa, lembaran
kerja siswa, kunci lembaran kerja, lembaran tes, dan kunci lembaran tes.
Bahan
Pengajaran Terprogram, yaitu paket program pengajaran individual, hampir sama
dengan modul. Perbedaannya dengan modul, bahan pengajaran terprogram ini
disusun dalam topik-topik kecil untuk setiap bingkai/halamannya. Satu bingkai
biasanya berisi informasi yang merupakan bahan ajaran, pertanyaan, dan
balikan/respons dari pertanyaan bingkai lain.
Ø Kelebihan
Media Bahan Cetak
-
Dapat menyajikan pesan atau informasi
dalam jumlah yang banyak.
-
Pesan atau informasi dapat dipelajari
oleh siswa sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kecepatan masing-masing.
-
Dapat dipelajari kapan dan dimana saja
karena mudah dibawa.
-
Akan lebih menarik apabila dilengkapi
dengan gambar dan warna.
-
Perbaikan/revisi mudah dilakukan
Ø Kelemahan
Media Bahan Cetak
-
Proses pembuatannya membutuhkan waktu
yang cukup lama.
-
Bahan cetak yang tebal mungkin dapat
membosankan dan mematikan minat siswa untuk membacanya.
-
Apabila jilid dan kertasnya jelek, bahan
cetak akan mudah rusak dan sobek.
v MEDIA
GAMBAR DIAM
Media
gambar diam adalah media visual yang berupa gambar yang dihasilkan melalui
proses fotografi. Jenis media gambar ini adalah foto.
Ø Kelebihan
Media Gambar Diam
-
Dibandingkan dengan grafis, media foto
ini lebih konkret.
-
Dapat menunjukkan perbandingan yang
tepat dari objek yang sebenarnya.
-
Pembuatannya mudah dan harganya murah.
Ø Kelemahan
Media Gambar Diam
-
Biasanya ukurannya terbatas sehingga
kurang efektif untuk pembelajaran kelompok besar.
-
Perbandingan yang kurang tepat dari
suatu objek akan menimbulkan kesalahan persepsi.
2. Kelompok
Kedua. Media Proyeksi Diam, Meliputi : OHP/OHT, Opaque Projector, Slide, dan
Filmstrip
Media
proyeksi diam adalah media visual yang diproyeksikan atau media yang
memproyeksikan pesan, dimana hasil proyeksinya tidak bergerak atau memiliki
sedikit unsur gerakan.
Jenis media ini diantaranya : OHP/OHT, Opaque Projector, Slide, dan Filmstrip.
MEDIA OHP DAN OHT
Jenis media ini diantaranya : OHP/OHT, Opaque Projector, Slide, dan Filmstrip.
MEDIA OHP DAN OHT
a. OHT
(Overhead Transparency)
adalah
media visual yang diproyeksikan melalui alat proyeksi yang disebut OHP
(Overhead Projector). OHT terbuat dari bahan transparan yang biasanya berukuran
8,5 X 11 inci.
Ø Kelebihan
Media OHT/OHP
-
Dapat digunakan untuk menyajikan pesan
di semua ukuran ruangan kelas.
-
Menarik, karena memungkinkan penyajian
yang variatif dan disertai dengan warna-warna yang menarik.
-
Tatap muka dengan siswa selalu terjaga
dan memungkinkan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
-
Tidak memerlukan operator secara
khusus dan tidak pula memerlukan penggelapan ruangan.
-
Dapat menyajikan pesan yang banyak
dalam waktu yang relatif singkat.
-
Program OHT dapat digunakan
berulang-ulang.
Ø Kelemahan
Media OHT/OHP
-
Memerlukan perencanaan yang matang dalam
pembuatan dan penyajiannya.
-
OHT dan OHP merupakan hal yang tak dapat
dipisahkan, karena sebuah gambar dalam kertas biasa tidak bisa diproyeksikan
melalui OHP.
-
Urutan OHT mudah kacau, karena merupakan
urutan yang lepas.
b. media
opaque projektor
Opaque
Projector atau proyektor tak tembus pandang adalah media yang digunakan untuk
memproyeksikan bahan dan benda-benda yang tidak tembus pandang, seperti buku,
foto, dan model-model baik yang dua dimensi maupun yang tiga dimensi. Berbeda
dengan OHP, opaque projector ini tak memerlukan transparansi, tapi memerlukan
penggelapan ruangan. Opaque projector biasanya dapat pula digunakan untuk
memproyeksikan film bingkai/slide akan tetapi tidak dilengkapi dengan tape recorder.
Kelebihan dan kelemahan media opaque projector ini hampir mirip dengan
kelemahan dan kelebihan media OHP dan media Slide. Oleh karena opaque projector
dengan segala karakteristiknya dapat berfungsi sebagai OHP dan Slide Projector.
c. media slide
Media
slide atau film bingkai adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat
yang disebut dengan proyektor slide. Slide atau film bingkai terbuat dari film
positif yang kemudian diberi bingkai yang terbuat dari karton atau plastik.
Film positif yang biasa digunakan untuk film slide adalah film positif yang
ukurannya 35 mm dengan ukuran bingkai 2 x 2 inchi. Sebuah program slide
biasanya terdiri atas beberapa bingkai yang banyaknya tergantung pada bahan/
materi yang akan disampaikan.
Ø Kelebihan
Media Slide
-
Membantu menimbulkan pengertian dan
ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan dan dapat dipadukan dengan unsur
suara.
-
Merangsang minat dan perhatian siswa
dengan warna dan gambar yang kongkrit.
-
Program slide mudah direvisi sesuai
dengan kebutuhan, karena filmnya terpisah-pisah.
-
Penyimpanannya mudah karena ukurannya
kecil.
Ø Kelemahan
Media Slide
-
Memerlukan penggelapan ruangan untuk
memproyeksikannya.
-
Pembuatannya memerlukan waktu yang cukup
lama, jika program yang dibuatnya cukup panjang.
-
Memerlukan biaya yang boleh dikatakan
besar.
-
Hanya dapat menyajikan gambar yang diam
(geraknya terbatas walaupun dengan menggunakan lebih dari sebuah proyektor.
-
d. media
filmstrip
Filmstrip
atau film rangkai atau film gelang adalah media visual proyeksi diam, yang pada
dasarnya hampir sama dengan media slide. Hanya filmstrip ini terdiri atas
beberapa film yang merupakan satu kesatuan (merupakan gelang, dimana antara
ujung yang satu dengan ujung yang lainnya bersatu). Jumlah frame atau gambar
dari suatu filmstrip ada yang berjumlah 50 buah dan ada pula yang berjumlah 75
buah dengan panjang 100 sampai dengan 130 cm. Kelebihan filmstrip dibanding
film slide adalah media filmstrip mudah penggandaannya karena tidak memerlukan
bingkai, juga frame-frame filmstrip tidak akan tertukar karena merupakan satu
kesatuan. Akan tetapi pengeditan dan perbaikan/ revisi filmstrip relatif agak
sukar, karena harus dilakukan di laboratorium khusus
3. Kelompok
Ketiga. Media Audio, Meliputi : Media Radio, Media Alat Perekam Pita Magnetik
Media
audio adalah media yang penyampaian pesannya hanya dapat diterima oleh indera
pendengaran. Pesan atau informasi yang akan disampaikan dituangkan ke dalam
lambang-lambang auditif yang berupa kata-kata, musik, dan sound effect.
Jenis media audio ini diantaranya :
Jenis media audio ini diantaranya :
Ø MEDIA
RADIO
Radio
adalah media audio uang penyampaian pesannya dilakukan melalui pancaran
gelombang elektromagnetik dari suatu pemancar. Pemberi pesan (penyiar) secara
langsung dapat mengkomunikasikan pesan atau informasi melalui suatu alat
(microfon) yang kemudian diolah dan dipancarkan ke segenap penjuru melalui
gelombang elektromagnetik dan Klasifikasi penerima pesan (pendengar) menerima
pesan atau informasi tersebut dari pesawat radio di rumah-rumah atau para siswa
mendengarkannya di kelas-kelas.
·
Kelebihan Media Radio
-
Memiliki variasi program yang cukup
banyak.
-
Sifatnya mobile, karena mudah
dipindah-pindah tempat dan gelombangnya.
-
Baik untuk mengembangkan imajinasi
siswa.
-
Dapat lebih memusatkan perhatian siswa
terhadap kata, kalimat atau musik, sehingga sangat cocok digunakan untuk
pengajaran bahasa.
-
Jangkauannya sangat luas, sehingga dapat
didengar oleh massa yang banyak.
-
Harganya relatif murah.
·
Kelemahan Media Radio
-
Sifat komunikasinya hanya satu arah (one
way communication).
-
Jika siarannya monoton akan lebih cepat
membosankan siswa untuk mendengarkannya.
-
Program siarannya selintas, sehingga
tidak bisa diulang-ulang dan disesuaikan dengan kemampuan belajar siswa secara
individual.
Ø MEDIA
ALAT PEREKAM PITA MAGNETIK
Alat
perekam pita magnetik atau kaset tape recorder adalah media yang menyajikan
pesannya melalui proses perekaman kaset audio. Tidak seperti radio yang
menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai alat pemancarannya.
·
Kelebihan Media Alat Perekam Pita
Magnetik
-
Pita rekaman dapat diputar
berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan siswa.
-
Rekaman dapat dihapus dan digunakan
kembali.
-
Mengembangkan daya imajinasi siswa.
-
Sangat efektif untuk pembelajaran
bahasa.
-
Penggandaan programnya sangat mudah.
-
Kelemahan Media Alat Perekam Pita
Magnetik
-
Daya jangkauannya terbatas.
-
Biaya penggandaan alatnya relatif lebih
mahal dibanding radio.
4. Kelompok
Keempat. Media Audio Visual Diam, Meliputi : media sound slide (slide suara),
film strip bersuara, dan halaman
bersuara.
Media
audiovisual diam adalah media yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh
indera pendengaran dan indera pengelihatan, akan tetapi gambar yang
dihasilkannya adalah gambar diam atau sedikit memiliki unsur gerak.
Kelebihan dan kelemahan media ini tidak jauh berbeda dengan media proyeksi diam. Perbedaannya adalah adanya aspek suara pada media audiovisual diam.
Kelebihan dan kelemahan media ini tidak jauh berbeda dengan media proyeksi diam. Perbedaannya adalah adanya aspek suara pada media audiovisual diam.
5. Kelompok Kelima :
Film (Motion Pictures)
Film
disebut juga gambar hidup (motion pictures), yaitu serangkaian gambar diam
(still pictures) yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga
menimbulkan kesan hidup dan bergerak.
Film
disebut juga gambar hidup (motion pictures), yaitu serangkaian gambar diam
(still pictures) yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga
menimbulkan kesan hidup dan bergerak. Film merupakan media yang menyajikan
pesan audiovisual dan gerak. Oleh karenanya, film memberikan kesan yang
impresif bagi pemirsanya.
Ada
beberapa jenis film, diantaranya film bisu, film bersuara, dan film gelang yang
ujungnya saling bersambungan dan proyeksinya tak memerlukan penggelapan
ruangan.
Ø Kelebihan
Media Film
-
Memberikan pesan yang dapat diteima
secara lebih merata oleh siswa.
-
Sangat bagus untuk menerangkan suatu
proses.
-
Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.
-
Lebih realistis, dapat diulang-ulang dan
dihentikan sesuai dengan kebutuhan.
-
Memebrikan kesan yang mendalam, yang
dapat mempengaruhi sikap siswa.
Ø Kelebihan
Media Film
-
Harga produksinya cukup mahal.
-
pembuatannya memerlukan banyak waktu dan
tenaga.
-
Memerlukan operator khusus untuk
mengoperasikannya.
6. Kelompok
Keenam. Televisi, Meliputi : Televisi terbuka (open boardcast television),
televisi siaran terbatas/TVST (Cole Circuit Televirion/CCTV), dan
video-cassette recorder (VCR).
Televisi
adalah media yang dapat menempilkan pesan secara audiovisual dan gerak (sama
dengan film). Jenis media televisi diantaranya: televisi terbuka
(open boardcast television), televisi siaran terbatas/TVST (Cole Circuit
Televirion/CCTV), dan video-cassette recorder (VCR).
Ø MEDIA
TELEVISI TERBUKA
Media
televisi terbuka adalah media audio-visual gerak yang penyampaian pesannya
melalui pancaran gelombang elektromagnetik dari satu stasiun, kemudian pesan
tadi diterima oleh pemirsa melalui pesawat televisi.
·
Kelebihan Media Televisi Terbuka
-
Informasi/pesan yang disajikannya lebih
aktual.
-
Jangkauan penyebarannya sangat luas.
-
Memberikan pesan yang dapat diterima
secara lebih merata oleh siswa.
-
Sangat bagus untuk menerangkan suatu
proses.
-
Mengatasi keterbatasan ruangdn
waktu.
-
Memberikan kesan yang mendalam, yang
dapat mempengaruhi sikap siswa.
·
Kelemahan Media Televisi Terbuka
-
Programnya tidak dapat diulang-ulang
sesuai kebutuhan.
-
Sifat komunikasinya hanya satu
arah.
-
Gambarnya relatif kecil.
-
Kadangkala terjadi distorsi gambar dan
warna akibat kerusakan atau gangguan magnetik.
Ø MEDIA
TELEVISI SIARAN TERBATAS (TVST)
TVST
atau CCTV adalah media audiovisual gerak yang penyampaian pesannya
didistribusikan melalui kabel (bukan TV kabel). Dengan perkataan lain, kamera
televisi mengambil suatu objek di studio, misalnya guru yang sedang mengajar,
kemudian hasil pengambilan tadi didistribusikan melalui kabel-kabel ke pesawat televisi yang ada di ruangan-ruangan kelas. Kelebihan televisi siaran terbatas ini dibandingkan dengan televisi terbuka diantaranya adalah komunikasi dapat dilakukan secara dua arah (hubungan antara studio dan kelas dilakukan melalui intercom), kebutuhan siswa dapat lebih diperhatikan dan terkontrol. Sedangkan kelemahannya adalah jangkauannya relatif terbatas.
kemudian hasil pengambilan tadi didistribusikan melalui kabel-kabel ke pesawat televisi yang ada di ruangan-ruangan kelas. Kelebihan televisi siaran terbatas ini dibandingkan dengan televisi terbuka diantaranya adalah komunikasi dapat dilakukan secara dua arah (hubungan antara studio dan kelas dilakukan melalui intercom), kebutuhan siswa dapat lebih diperhatikan dan terkontrol. Sedangkan kelemahannya adalah jangkauannya relatif terbatas.
Ø MEDIA
VIDEO CASSETTE RECORDER (VCR)
Berbeda
dengan media film, media VCR perekamannya dilakukan dengan menggunakan kaset
video, dan penayangannya melalui pesawat televisi; sedangkan media film,
perekaman gambarnya menggunakan film selluloid yang positif dan gambarnya
diproyeksikan melalui proyeksi ke layar. Secara umum, kelebihan media VCR sama
dengan kelebihan yang dimiliki oleh media televisi terbuka. Selain itu, media
VCR ini memiliki kelebihan lainnya yaitu programnya dapat diulang-ulang. Akan
tetapi kelemahannya adalah jangkauannya terbatas
7. Kelompok Ketujuh :
Multi Media
Multi
media merupakan suatu sistem penyempaian dengan menggunakan berbagai jenis
bahan yang membentuk suatu unit atau
paket. Contohnya suatu modul belajar yang terdiri atas bahan cetak, bahan
audio, dan bahan audio visual.
·
Kelebihan Multi Media
-
Siswa memiliki pengalaman yang beragam
dari segala media.
-
Dapat menghilngkan kebosanan siswa
karena media yang digunakan lebih bervariasi.
-
Sangat baik untuk kegiatan belajar
mandiri.
·
Kelemahan Multi Media
-
Biayanya cukup mahal.
-
Memerlukan perencanaan yang matang dan
tenaga yang professional
3. Sebutkan Contoh media
pembelajaran.
jawab
1.
Media Visual :
grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
2.
Media Audial : radio,
tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
3.
Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
4.
Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan
sejenisnya.
Comments
Post a Comment