RESENSI BUKU BAHASA INDONESIA
Judul
Buku : Terampil Berbahasa Indonesia 2
Penulis : Gunawan Budi Santoso, Wendi Widya R.D, Uti Darmawati
Ukuran
Buku : 29,5 x 21 cm
Jumlah
Halaman : 178 halaman
Penerbit : Intan Pariwara
Tahun
Terbit : 2008
Diperbanyak
oleh : PT. Intan Pariwara
Kelemahan dan Kelebihan Buku Teks
(Oleh:
Irwansyah, NIM: BI.10.01.079)
- Komponen Buku Teks
1. Tujuan Pembelajaran
Dalam buku ini tidak memiliki tujuan pembelajaran
yang seharusnya
menginformasikan apa yang harus dicapai oleh siswa setelah proses pembelajaran berlangsung.
Rumusan tujuan pembelajaran tersebut merupakan dasar pemilihan isi (materi), penataan kegiatan pembelajaran, dan
penyajian materi pembelajaran serta evaluasi yang harus dilakukan oleh siswa.
2.
Isi
(materi)
Urutan isi (materi) pembelajaran dalam
buku ini diurut berdasarkan dari yang paling sederhana sampai pada bentuk yang
kompleks sebagai suatu kegiatan aktivitas pembelajaran siswa. Isi (materi) buku ini ditampilkan dalam bentuk aplikasi yang
kongkrit dan bermakna dengan menggunakan wacana, dialog, gambar atau bagan
sehingga dapat mambantu memberikan pemahaman dan mendukung siswa pada setiap kegiatan belajar mengajar.
3.
Rangkuman
Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran
buku ini mencantumkan rangkuman, yang merupakan upaya yang ditempuh penulis untuk
meninjau kembali terhadap apa yang telah dipelajari, sehingga siswa
mempertahankan retensi pembelajaran,
siswa mudah mempelajari materi dengan sederhana serta untuk
memperkuat ingatan dan sebagai pendalaman bagi siswa terhadap apa yang telah
dipelajari.
4.
Latihan
dan Evaluasi.
Latihan dan evaluasi dalam buku ini berupa
tes uji kemampuan, perintah mengerjakan soal, dalam bentuk tugas yang harus
dikerjakan oleh siswa dengan maksud sebagai umpan balik bagi guru agar dapat
memahami kelemahan dan kelebihan proses pembelajaran yang dicapai oleh siswa
tersebut.
- Peran Buku Teks
1.
Bagi
Siswa
Kehadiran buku di sekolah sangat
membantu proses belajar siswa secara sistematis, mempertegas, dan mempermudah
siswa untuk memahami apa yang akan dipelajarinya. Melalui buku tersebut, siswa
dapat belajar sesuai dengan kemampuan
masing-masing, mengulangi, dan meninjau kembali serta mempermudah mereka dalam
membuat catatan-catatan untuk pemakaian selanjutnya. Selain itu kehadiran buku
tersebut di sekolah memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyegarkan ingatannya yang dapat merangsang
tumbuhnya kreativitas, motivasi, dan inovasi dalam diri siswa.
2.
Bagi
Guru
Dengan adanya buku ini di sekolah akan
mempermudah dan membantu guru dalam menentukan model, jenis, metode, dan
strategi pembelajaran, serta pendekatan-pendekatan yang akan dilakukan oleh
guru kepada siswa. Selain itu peran buku ini sebagai sumber dan pengarah dalam
menyediakan bahan pembelajaran yang akan diajarkan serta sebagai landasan dalam
menyelenggarakan evaluasi hasil belajar siswa.
3.
Bagi
Proses Pembelajaran
Buku ini sangat membantu semua komponen
yang ada dalam sekolah terutama dalam proses belajar mengajar, seperti mambantu
memudahkan pemilihan dan penyampaian metode pembelajaran serta dapat digunakan
untuk melatih belajar mandiri bagi siswa.
- Kualitas Buku Teks
1. Isi
(materi) dalam buku ini mengacu pada kurikulum yang berlaku pada saat sekarang,
materi penugasan tidak
terlalu berputar-putar pada penajaman teori tetapi lebih ditekankan pada
aktualisasi dalam realita yang sangat mendukung dan mengarahkan untuk menggali
potensi siswa dalam menganalisis kearifan lokal diri dan lingkungannya.
2. Pemakaian
dan penggunaan bahasa dalam buku ini sangat konvesional dan komunikatif, bahasa
buku ini sangat santun dan berirama dialogis sehingga dapat menarik minat atau
perhatian, serta memberikan motivasi pada siswa untuk membaca dan mempelajari
buku ini.
Selain beberapa aspek di atas kualitas buku teks ini
dapat dinilai dari beberapa spek di bawah ini:
1.
Aspek
Isi
a. Isi
(Materi) buku ini disajikan secara utuh
dan berkesinambungan.
b. Materi
yang disajikan mengikuti teori pembelajaran (bahasa) secara logis.
c. Materi
disajikan secara logis dan jelas bagi siswa.
d. Judul
buku sangat konsisten dengan daftar isi dan isi buku tersebut.
e. Latihan,
tugas, dan evaluasi yang disajikan sangat cocok untuk siswa.
f. Huruf
Semua halaman huruf
yang digunakan dalam penulisan laporan merupakan jenis huruf Time New Roman, cara
penulisannya dibagi dua dalam satu halaman (tidak dibagi dua), serta jarak baris
dalam penulisannya yang sesuai sehingga
siswa maupun guru mudah
untuk membaca dan memahami isi tulisan tersebut.
Dalam buku ini huruf yang digunakan
dalam penulisan laporan, naskah drama, teks wawancara, informasi dari buku
telepon, cara menngunakan indeks, teks ilustrasi cerita, penulisan surat,
penulisan petunjuk, sinopsis novel, isi berita, contoh ilustrasi, wacana,
petikan novel menggunakan huruf yang merupakan huruf standar internasional.
Aspek Kualitas Teknis.
a. Ukuran
dan tebal buku sesuai dengan usia siswa.
b. Penjilidannya
cukup menarik dan
kuat untuk dipakai oleh siswa pada jenjang
SMA.
c. Kertas
yang digunakan dalam buku ini sangat
berkualitas. sehingga
gambar yang disajikan dalam buku ini sangat jelas.
d. Tipografi
dan tata letaknya sesuai bagi usia siswa, misalnya pada penulisan materi menggunakan bingkai bahasa dan sastra berwarna sehingga menarik perhatian
siswa untuk membaca dan
menentukan urutannya.
e. Gambar
dan materi visualnya cukup banyak dan
gambar yang disajikan sangat
menarik dalam membantu penyampaian materi kepada siswa karena warna gambar sangat jelas dan terang.
2.
Aspek
Pendukung.
a. Penerbit
dan penulisnya memiliki reputasi baik dibidangnya karena yang menerbitkan buku
ini langsung dari Departemen Pendidkan Nasional.
b. Pedoman
yang diberikan bermanfaan bagi guru
dan siswa.
c. Buku
ini dilengkapi dengan program evaluasi pada setiap akhir kegiatan sub pokok
pembahasan.
3.
Aspek
alat peraga
Buku ini tidak disertai dengan adanya
alat peraga sehingga dalam penyampaian materi ajar tidak bisa membantu dan
mendukung proses kegiatan belajar mengajar siswa.
Comments
Post a Comment